7.9.1

Seorang guru ingin mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer (computer based-learning) yang diterapkan pada kelasnya dapat meningkatkan hasil belajar siswanya. Guru tersebut menggunakan hasil ulangan harian setelah diberikan perlakuan pada kelas A yang diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis komputer dan kelas B yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Jika banyaknya siswa pada kelas A adalah 21 orang dan siswa pada kelas B adalah 25 orang dan diketahui data hasil belajar masing-masing kelas tersebut berdistribusi normal dengan simpangan baku kelas A adalah 3,78 dan simpangan baku kelas B adalah 4,63 maka nilai F-hitung uji homogenitas dengan taraf signifikansi 0,1 adalah ….

7.9.2

Seorang guru ingin mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diterapkan pada kelasnya dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Guru tersebut menggunakan hasil ulangan harian setelah dberikan perlakuan pada kelas A yang diajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas B yang diajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Jika banyaknya siswa pada kelas A adalah 25 orang dan siswa pada kelas B adalah 31 orang dan diketahui hasil belajar dari masing-masing kelas tersebut berdistribusi normal dengan simpangan baku kelas A adalah 4,63 dan simpangan baku kelas B adalah 5,21 maka nilai F-hitung uji homogenitas dengan taraf signifikansi 0,1 adalah ….

7.9.3

Seorang guru ingin mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diterapkan pada kelasnya dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik dari pembelajaran kooperatif tipe TGT. Guru tersebut menggunakan hasil ulangan harian setelah dberikan perlakuan pada kelas A yang diajarkan menggunakan pembelajaran tipe STAD dan kelas B yang diajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jika banyaknya siswa pada kelas A adalah 31 orang dan siswa pada kelas B adalah 21 orang dan diketahui hasil belajar dari masing-masing kelas tersebut berdistribusi normal dengan simpangan baku kelas A adalah 5,21 dan simpangan baku kelas B adalah 3,78 maka nilai F-hitung uji homogenitas dengan taraf signifikansi 0,1 adalah ….